Coca-Cola Foundation Indonesia, Kantor Perpustakaan Daerah Sragen dan Wanita Mandiri Center : PerpuSeru: Kemitraan Sektor Bisnis, Pemerintah dan Masyarakat dalam Meningkatkan Akses Informasi dan Komunikasi Bagi Perempuan di Sragen, Jawa Tengah

Program PerpuSeru (www.perpuseru.org) adalah salah satu program nasional dari Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) yang membangun kemitraan antara sektor bisnis, pemerintah daerah dan masyarakat secara berkesinambungan. Tujuan program yaitu menjadikan perpustakaan daerah (public libraries) sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi (TI) dan komunikasi (TIK). Program di mulai pada tahun 2011 dan akan berlangsung hingga 2015, dengan penerima manfaat dari kelompok pemuda, perempuan dan pengusaha mikro. Lokasi program PerpuSeru tersebar di 16 provinsi di Sumatera, Kaliman-tan, Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat. Dalam menjalankan program ini, CCFI membangun kemitraan dengan Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di masing-masing wilayah program.

Untuk wilayah Kabupaten Sragen (Provinsi Jawa Tengah), CCFI membangun kemitraan dengan Kantor Perpusda Sragen yang dikelola oleh pemerintah daerah dan dengan sebuah LSM bernama Wanita Mandiri Center (WMC) sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Bentuk dukungan program PerpuSeru adalah: (1) bantuan peralatan teknologi informasi (komputer, internet, dll.), (2) pelatihan peningkatan kapasitas staf perpustakaan dan suporter perpustakaan, (3) mentoring, berupa pemberian bantuan teknis bagi staf Perpusda Sragen dalam memberikan layanan publik termasuk kegiatan community engagement, advokasi terhadap pemangku kepentingan maupun layanan TI. Penerima manfaat melalui kemitraan dengan WMC adalah perempuan eks pekerja migran, Ibu rumah tangga dan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). CCFI menyediakan pelatihan, fasilitas teknologi informasi dan membangun komunikasi dengan pihak pemerintah daerah untuk kelancaran kegiatan. Perpusda Sragen membangun kemitraan dengan sektor swasta, satuan kerja perangkat daerah (SKPD)i lain, LSM, menyediakan fasilitas tempat untuk kegiatan dan membangun komunikasi dengan pemerintah daerah untuk perubahan anggaran dan kebijakan dalam pelaksanaan kegiatan secara berkesinambungan. Sedangkan WMC sebagai penggerak utama dalam pelibatan kelompok penerima manfaat (kelompok dampingan) dan menyebarluaskan informasi program kepada khalayak dan pihak pemerintah melalui berbagai media.

Kemitraan ini memberikan keuntungan bagi semua pihak. Kantor Perpusda Sragen mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pelayanan, memperbaharui fasilitas TI sehingga akhirnya bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Sedangkan kelompok penerima manfaat - melalui WMC - mendapatkan manfaat melalui pelatihan komputer dan internet, fasilitas TI dan pelatihan kewirausahaan yang dapat meningkatkan kondisi ekonomi keluarga. CCFI mendapatkan manfaat melalui pencapaian misi program PerpuSeru yaitu menjadikan perpus-takaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis TI/TIK.

Hasil yang telah dicapai hingga akhir 2014 melalui kemitraan dengan WMC, yaitu 100 perempuan telah memiliki keterampilan menggunakan fasilitas TI, dan pengembangan usaha mikro. Dari 100 orang tersebut, 60 di antaranya terampil menggunakan internet dan email dalam memasarkan hasil usaha secara online. Kenaikan omset penjualan yang berhasil didokumentasikan adalah sebesar 30-40 % per tahun.

Download PDF Indonesia Download PDF English